Paper Model - Miniatur Kabah

>> Friday, August 27, 2010

Miniatur kabah
- Silakan download gambarnya
- Baiknya diprint di kertas yg agak tebal spt kertas gambar, lebih bagus di kertas photo
- Print fullpage dari window explorer posisi landscape




















---------
Untuk detail kiswah, kami sedang berusaha, mohon bantuannya ada beberapa bagian yang kurang. Bisa dilihat di : http://rupaminiatur.blogspot.com/2011/05/kaligrafi-kiswah-kabah.html

---------
studi
---------



“Sesungguhnya rumah yang mula-mula di bangun untuk tempat beribadat manusia ialah Baitullah yang di Makkah yang di-berkahi” ali- Imran:96
Pendirian kabah: > malaikat > nabi adam > nabi sys > nabi ibrahim+ismail > bani Amaliqah > suku jurhum > Abd.Mutholib (kakek Nabi saw) > suku Quraisy mulai melakukan pencatatan dokumentasi. >dst
http://www.arminatravel.com/index.php/baitullah-rumah-allah

Interior kabah >> Pd Masa Jahiliyah,patung Hubbal diletakan didalamnya. Pemrakarsanya Amru bin Luhay dr bani Khuzaah utk mendamaikan klan-klan di arab yg sering berperang memperebutkan Ka'bah. Amr bin Luhay membolehkan masing2 klan membawa simbol patungnya masing2 disekitar ka'bah. Dipersatukan dng simbol Hubbal, yg ditempatkan dipusatnya- dlm Kabah,simbol pengaturan penyelesaian perkara lintas klan.
3 Abad kemudian jazirah Arab hidup tanpa perebutan ka'bah, tp dng cara mengorbankan aqidah Tauhid.




( source 3d: http://sketchup.google.com/3dwarehouse/details?mid=5d164f686f78ccb78b98f3df3988f300&prevstart=0 )

0 comments:

Miniatur Seri Islamic Heritage



Pre Order | Call | SMS | Whatsapp | 082262778999

Email : rupa.miniatur@gmail.com


1. Miniatur Masjid Al-Aqsa





Loading...

MINI NOTES


1.
Membuat kusen jendela - miring 1 mm, mungkin sulit diketahui. Tapi kl miring 1 mm pada miniatur jendela skala 1:100, berarti bikin jendela dengan kusen sopak. Butuh waktu untuk sempurna, padahal proyek dikejar waktu. Keputusannya saat itu : pake laser cutting. Mesin potong cahaya laser itu stabil, presisi dan halus pekerjaanya. Menunggu sehari, selesai 100an lebih jendela.
Cacat pada Hal-hal besar, kadang tak terlihat karena merasa hal itu besar. Manusia bukan malaikat, memang. Tapi seringkali cacat kecil itu: niat dasar yang tidak membaikkan diri ini, yang akan membuat hal besar tidak berharga dukung bagi kebaikan. Silau karena besarnya, merasa baik dengan menggenggam pekerjaan besar, bukan dng sikap diri yang baik saatga menjalaninya.. Bisa saja meminta bantuan seseorang untuk menjalankan proyek yang sedang dijalankan, menjaga dari kesalahan proses. Tapi sepertinya agak malu, kalau minta bantu seseorang untuk mau mengajari supaya bisa menjaga,menunjukkan niat yang mampu memuliakan diri..

2.
Senang membesar-besarkan hal2 kecil? mendingan bikin miniatur saja. Bikin kecil2, mdh2an nantinya bs bikin benerannya yang besar. Jd kl sukanya membesar-besarkan masalah kecil, mudah2n bs hilang tersalurkan di miniatur..
Seorang pembosan cenderung kreatif, mudah penasaran thd sesuatu yg baru. Jeleknya kadang terabaikan gitu sj, setelah dia tahu itu. Tanggung jawab proyek harusnya melahirkan konsistensi mengimbangi kebosanan. Mungkin akan jadi ujian yang melelahkan. Yg jelas, bosan menyelesaikan hal2 kecil , alamat jd masalah besar. Modal dasarnya PERCAYA, kl menjalaninya baik - akan melahirkan kebaikan jg. Apapun bentuknya. Bahkan konon, seseorg bs lbh sderhana lg dng bercukup diri berpikir utk skedar selesai tanggungjawabnya.

3.
pernah bikin miniatur simulasi Resapan air, itu Trail and eror dulu. Tempel sini, bocor di sana, tambal sana, bocor di tempat lain. Ganti metode baru, masih ada bocor jg. Ahirnya dipilih yg trbaik yg sdikit error. Ini harus dibicarakan dng klien. Cuma tetap jadi catatan utk pryk kedepan.
Denger-denger cerita, orang sukses kadang mengeluarkan dari kantongnya sendiri utk memperbaiki komplain klien. katanya itu biasa, kita bisa puas kl kerjaan selesai, tp akan lebih membanggakan kl klien memberi jempol utk kerjaan kita. Jd perbaiki sj, dan tdk perlu bersedih dengan apa yg harus dikorbankan karenanya. Memberi kebahagiaan, memberi kesan baik, itu investasi yg lebih berharga. Cuma kadang memastikan diri utk bs legowo dng hal ini,butuh belajar..

4.
Ironinya bikin miniatur : Saya dibayar untuk kebohongan saya.. Bikin gedungnya bohongan, pohonnya bohongan, mobil, rumput, jalannya bohongan.. Semakin bagus kualitas 'bohongan' ini dibuat, saya makin pede minta dibayar tinggi.
Mohon izin sedikit senyum, dengan penuh hawatir,.. Krn smoga ini sekedar di miniatur. bukan keseharian. Mudah2an dikeseharian bisa jaga baik2 perasaan anak2 yatim, dimudahkan berbagi sama orang yg kurang mampu, dan jaga sembahyang yang bener. Kata pa ustad Quraisy, manusia itu beda-beda keadaannya, kl tidak disikapi dngan baik, berarti membohongi perlunya hubungan baik dengan mereka dan dengan Tuhan.
Dan saya masih saja suka hawatir.. , belum banyak yang dilakukan.

5.
Kami menggunakan lembar PVC sbg bahan utama model. Lumayan agak keras,tapi kami kejar kualitas tahan lama. Tips memotongnya : Buat tanda garis potong, batasi dengan penggaris besi. Buat goresan halus pertama, lurus,tdk perlu tergesa,dan tdk perlu dalam. Ulanggi goresan dng menambah tekanan, ulangi lagi-ulangi lagi, dengan tekanan lebih hingga putus
Butuh waktu memang, tp paling tidak bs belajar hati-hati, memastikan bekerja lurus, rapi. Mudah-mudahan terbiasa, berbekas dihati, ketika hadapi keadaan yang keras..


6.
Beberapa pegawai lebih berjiwa seniman daripada berjiwa teknis. Dengan kepekaan rasa tinggi, bagi mereka lebih baik berhenti jika merasa ada gelagat hasilnya kurang presisi. Dipandangi pekerjaannya lama2, sambil mengisap rokok dalam2.. ( kadang sy suka agak kesal,mski harus diakui, hasilnya rapi ^^
Beda 1 mili diawal perjalanan, terpisah jauh kilometer di ujung perjalanan.. Memaksakan diri tetap salah,tidak bagus hasilnya.. Membiasakan ini, spertinya butuh sabar..


7.
Tidak semuanya proyek menguntungkan. Pernah dialamai juga. Gambar sangat banyak berubah, acuan sangat 'cair'. Dan tidak ada adendum. Setidaknya kalau dimaknai sebagai kerugian, memang rugi..tapi, "naik tangga memang melelahkan",.. moga jadi pelajaran. Lain kali cari Lift


8.
Miniatur itu, mini = mikro, atur = kosmos
Jadi miniatur bisa dibilang mikrokosmos. Plesetan sekali-kali.. too good to be true :)

9.
Terlalu percaya diri tanpa cross cek lg dengan sample atau acuan, hasilnya seringkali tidak sama. Jika kemudian disadari itu cukup fatal, keputusannya :copot lalu merubahnya.
Kadang karena sudah merasa cukup benar dengan asumsi, perkiraan tsb bisa salah.. Demi kepentingan hasil yang baik usaha perbaikan dibutuhkan meski perlu waktu. Sambil berharap penentu waktu memberi kebijaksanaannya dengan kemudahan-kemudahan..


10.
Kadang ada yang suka nonton saat maket dikerjakan, lalu nanya; "Urusan sama kecil-kecil gini, apa ngga kesel ?"
Saya jawab ; "Apa nonton ginian berlama2 juga ngga kesel ?" :)
Mengingatkan diri waktu nonton bola, kesel ! gara2 ke11an yg didukung ngga dapet gol..
Kyknya Penonton lebih suka berkomentar daripada berbuat, masih mending, anggap sj kritikan,..sabar.. drpada mendapat untung dari tdk adanya usaha yg memberi manfaat. Tentunya sama-sama tahu,sebenarnya Bagaiman yang terbaik..

11.
Kop maket, berisi nama proyek, Nama -Logo Perusahaan Klien, Nama-Logo perusahaan Perencana, Daftar Keterangan objek2 miniatur, Skala dan Arah Utara. Ini menandakan copy right atas visi yang direncanakan bersama. Memang hasil pemikiran seseorang patut dihargai. Tp biasanya jg, dengan huruf yg -katanya- tidak terlalu jelas, sy menyelipkan kata2 : Miniatur by : RupaMiniatur.. :D
Mudah2an yg punya desain dan owner berkenan, takut dibilang nebeng tenar diatas desain orang.. ^^

12.
Teman saya PaErwin kaget. "Hah?bs segitunys harga maket ?! mnding gw bikin rumah skalian,kecil2 jg" ; :), ngerjainnya yg butuh usaha lebih,pa.
Sambil mengingat-ngingat.. sbrp besar diri ini menghargai rejeki walau dipandang kecil-sedikit..

13
Kayaknya kok asik juga ,dapet proyek blm dikerjain sudah dapet DP.. -mumpung studio masih pindah-pindah,.. DP bawa kabur.. Eh,ditempat persembunyian taunya ada yang menjembut-eh, menjemput..
..dijemput maut..

14
Begitulah, kl naik tangga jatuh2nya paling guling-guling, jatuh ke bordes.. Kl naek lift lebih cepet, kl jatuh meluncur..wuss.. jadi sebetulnya itu zone tidak aman.
Sepertinya , kalau ingin karir bagus cepet, harus terbiasa dengan zona tidak aman ..
Bagaimana kl liftnya juga miniatur.. duh..

15
Rumah-rumah kecil sekian type untuk perumahan, itu diperbanyak dengan cetakan. Media cetaknya silikon RTV, ditoko kimia banyak. Cuma harus hati-hati salah proses.
- Berlebihan bisa jadi masalah..jd jangan buat operasi implan silikon..apalagi minta bantuan Polisi..

16
BERANDA@Bali memberi pelajaran dobrakan keyakinan, bahwa selama ini sy percaya utk mengerjakan maket dng Volume sedemikian tdk bs kurang dr 3 Minggu..
Meski disarankan jangan terlalu 'berani2nya',.. PERCAYA - bisa memendekan waktu 3 minggu jadi 1 minggu..

17
Terkadang menunggu-nunggu proyek yg disangka sudah didepan mata tinggal eksekusi,.. ternyata ngga jadi. Dipikirin malah stres sendiri, ^^', Kl ternyata kebahagiaan masih dibutuhkan sebab,..paling tidak berusaha senang saja, sudah mampu melayani dan memberi informasi terbaik.
Karena kadang juga proyek tiba-tiba saja muncul dan langsung deal, - meski jg biasanya ngasih waktu pendek untuk menyelesaikan..
Jadi,..berbahagia sj kl ada proyek ngga jadi ?.. sebanyak apa kesabaranmu ? duh.. mudah2an bisa

18
Tidak smua klien menginginkan kecepatan waktu selesai. Perumahan dwiloka lebih mengejar kwalitas. Survey kontur riil di lapangan, presisi bidang siku-siku 90 derajat, hingga Setitik pylox menetes di carport minta langsung ganti. Waktu 2 bulan cukup bikin stress pegawai..
Setelah dikumpul,..berhasil dengan perbaikan-perbaikan sekalipun bersusah payah, terlihat lebih menggembirakan para pegawai,.. meski mungkin hanya cukup dng bayaran harian ( saya kalah nego harga ^^' ). Sebuah pelajaran, karena Jika sudah memahami tingkat kwalitas maket yg seharusnya, akan melegakan untuk mempercayakan penuh proyek2 selanjutnya tanpa harus didampingi. Alhamdulillah,ya.. sesuatu..

19.
Dalam miniatur.. jarak jalan yang panjang mampu memendek takluk dalam perbandingan skala. Pulau jawa pun bisa kita lihat cuma 1 jengkal dalam google earth.
" Jarak ditempuh berhijrah dari Mekah-Madinah tidak sepanjang jarak berpindahnya dari keburukan menuju kebaikan. " (PPT edisi Hijrah, SCTV ) Selamat taun baru Hijriah 1433H

20
Saat diminta dibuat maketnya, BErkesempatan melihat bendungan Cirata-terbesar se asia tenggara, termasuk powerhousenya dalam gunung,.. terbayangkan keberanian para insinyur. Karena harus berani menghadapi resiko jebol dan banjir besar.Kenyataannya sekarang listrik yg dihasilkan mampu mendukung perekonomian Jawa-Bali, mempermudah bagi orang cari rejeki..
RISK memang terdengar mirip RIZQ,..dan sy baru sekedar pengagum keberanian..

21
Jika salah satu cara menghindari kerugian itu harus mampu menerima dan memberi nasihat, barangkali hanya sedikit yang mampu saya tangkap dan disampaikan garis besarnya:

[1] Bahwa kebesaran makhluk masih mampu diskalakan. selalu ada perbandingan, dengan sesama makhluk. Karena Penciptanya tak mungkin bisa diperbandingkan. Dan sebaik-baik keterjagaan, adalah yang mampu mengenali posisinya dlm perbandingan ini.

[2] Maka akan jadi pelajaran berharga bahkan atas seorang pemimpin ummat sehebat Nabi Musa. ketika menjawab "IYA" atas pertanyaan seorang pengkutnya; 'Apa hanya Engkau yang pintar?" Yang kemudian mengantarakannya pada petualangan 'bolak-balik' dengan seorang hamba yang diberi Hikmah oleh Allah, untuk menyaksikan aksi pengrusakan, pemenuhan dan pembunuhan oleh hamba ini; sebagai ujian atas pengetahuan dan kesabaran Nabi Musa as; Beruntung bagi yang mampu menerima mudah hal yang ganjil bahkan 'hilang' dalam kisah tsb didalam Quran. Krn butuh mendapatkan analisa dan keterbukaan pikiran tentang ruang, waktu, dan kilas balik masa Muda nabi Musa,..untuk memahami kebaikan aksi hamba ini

[3] Lain lagi Rasululloh SAW, " Aku adalah pemimpin anak adam pada hari kiamat dan bukannya sombong, dan di tanganku bendera Al-Hamd dan bukannya sombong, dan tidak ada seorang Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pun, tidak pula Adam juga yang lainnya ketika itu kecuali semua di bawah benderaku, dan aku orang pertama yang keluar dari tanah/kubur dan bukannya sombong." ( HR.Tirmidzi ) Sehingga, Adakalanya penting memberitahu sebuah posisi diri, Tapi Tidak ada apapun dalam kesombongan, kecuali kebodohan. Sayang, jika sesuatu yang sudah benar dibawa, tercampur dng ego diri. Ihlas? seberapa dalam?.. Di titik seperti ini saya berhenti bicara, sekedar berusaha mengenali posisi diri. Moga-moga diKuatkan.


22
Niat melengkapi, ternyata maket simulasi rusak sehabis pindah2 ruang kantor PJB Cirata.. Seolah ada bahasa tanpa suara.. ; " Bawa pulang, Ulangi, benerin sekalian.. "
Alhamdulillah masih disuruh ngulang benerin,..coba kl didenda gara2 blm selesai..

23
failure is partner process, "tp kita sudah lama bikin maket, hrs lebih baik dari ini..", kataku sambil degdegan takut anak buah tersinggung. "..cukup sdh korban gara-gara trlalu PDan awal2 percobaan memulai bisnis maket.."batinku

24
Menunggu keputusan yang nanya harga, kok lama,ya.. jangan-jangan kemahalan, jangan-jangan ..ya jangan, jangan-jangan jangan dipikirin jangan-jangan.. sabar.

25
Kaca pecah saat pengiriman ( MBCT ) ke bali, harus jadi tanggungan kami.
Bahkan cela di saat-saat terahir itu ada dan terjadi, astagfirulloh..

26
Pendelegasian pekerjaan itu, ada yg tuntuan kebutuhan menejemen, ada tuntutan proses pembelajaran... Belajar Mengihlaskan kemanfaatan mengalir selebar mungkin.. ( Hotel Soreang )

27
Menyimpulkan menilai karakter seseorang tidak mudah utk menentukan baik tidak diajak kerjasama. Tapi lebih penting dikehati-hatian untuk menyerahkan seberapa besar amanah pada nya.

28.
Jangan terlalu senang mendapatkan termin, itu artinya jatahmu sedang berkurang. Begitupula umur.
Selamat tahun baru 2013

29.
Karena terbiasa melihat yang kecil-kecil, itu berpotensi merasa diri besar..terpampang nyata, cetar membahana :) Hati-hati kalau bikin maket

30.
Maka mudah2an bisa diusahakan meredamnya, dengan mengingat tetangga sebelah, mastiin supaya jangan mendapatkan berisiknya saja waktu ribut2 bikin maket. Meluruskan goresan2 niat yg sering berbelok-belok, hanya untuk yang Maha Besar tak terskala.

31.
Karena diSisiNya, kebaikan atau keburukan berskala kecil bisa dipandang besar : “Barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia seluruhnya”. (QS. 5 : 32). Wallohua'lam , hanya berharap semoga bukan termasuk golongan yang pertama...

32. Cerita Bawang merah tidak lagi musuhan sama bawang putih, kenyataan sekarang ( Maret 2013) ,mereka lagi kompak naik harga mencapai Rp 70rb-100 rb/kg.. melebihi harga 1 zak semen. Konon gara-gara panen belum tiba, impor telat, ngurusin surat di pelabuhan telat, distribusi telat, dll.. jangan-jangan gara-gara solat saya telat :)

33. Teleporter di seri startrek pernah menolong ibu yg sulit melahirkan. Sang bayi langsung di trasnport ke luar rahim melalui proses dematrialisasi lalu dimatrialkan.. Konon kalo sekarang prinsip2nya lbh sering dipakai dalam aktifitas 'santet'.. Aksi kejahatan '..tiupan sihir di buhul2' yang berkaitan dengan 'kejahatan kedengkian' (Qs 113:4-5). Susah lihat orang senang, senang lihat orang susah, menghalangi orang senang.. Wallohua'lam
Papercraft serba serbi startrek: http://alturl.com/7jvq8

34
#1
Awalnya yakin 2 maket besar itu bisa selesai waktu singkat, sudah kebayang teknisnya, alatnya dilengkapi, pembagian tugas, pembiayaan. Tapi terlalu fokus dengan keuntungan yang diinginkan, buyar konsentrasi, waktu seperti tidak lagi memihak, sampai lupa berdoa. Dan harus diuji dengan banyak revisi :) harus nombok. Jadi jangan terlalu tamak,ya..
'Kenali Musuh dan kenali diri sendiri, maka anda tidak akan pernah terancam dalam seratus pertempuran. (Sun Tzu)

#2
Itu jd Mengenang lagi saran Umar bin Khatab pada Saad bin Abi Waqqas : "”Takutlah akan dosamu melebih ketakutanmu pada musuh, karena dosa-dosa lebih berbahaya dibanding dengan musuhmu.” Kita sebagai Muslim menang melebihi musuh-musuh kita hanyalah karena dosa-dosa mereka melebih kita, bukan untuk alasan lainnya. Jika dosa-dosa kita sebanding dengan musuh-musuh kita tersebut, maka mereka akan mengalahkan kita dengan jumlah dan sumber daya mereka yang sangat banyak"

35
Seindah mungkin ia dibikin, seselesainya ia diboyong pulang yang punya. Hasilnya sekian keuntungan uang yang bisa habis pada saatnya..dan beberapa kenangan foto ditempel di blog ini, yang itupun tidak selalu baik orang menilainya. Ada kesenangan ketika dapat uang bisa belanja-belanja,..tapi konon katanya sabar, tekun, dan menikmati proses dengan kegembiraan, itu lebih berharga. Seberharga teriakan kegembiraan anak kecil yang istana pasirnya disapu ombak.
Dunia sekedar miniatur..dilihat sebentar utk yang benerannya. Sekedar singgah sahaja..

Terkadang masih suka berkerut kening, kadang hanya senyum saja kalo dipikir terlalu serius. :D

36
Sempet urusan warna bikin kesel karena acuannya beda2,(Sanurvilla), obat lucu2annya sedikit melamunkan, bahwa sedemikian banyak perbedaan standar warna dalam urusan percetakan. Keliatannya masing2 mesin cetak- bawa software kalibrasi warnanya masing2. Bilang saja ini hasanah kekayaan dalam bisnis percetakan. Dan sy hanya mampu bisa menghormatinya, karena banyak orang yang tersenyum tertolong dengan merebaknya bisnis ini. Membayangkan banyak senyum,..sudah cukup membuat sedikit tenang :).Sisa tenangnya terpenuhi dng meminta anakbuah menyelesaikan urusan cat ini..(hehe).

Pasrah dengan pengetahuan yang terbatas, menghormati, niat lillah saja. Konon kl kita sudah demikian banyak hal akan memasrah pada kita. Terbukti ketika dijalan pulang proyek, penumpang sebelahku memasrahkan kepalanya dipundakku. wajah yang cape, imut-imut,tertidur.. "Cape,ya mas",batinku

37
Pembuatan maket itu diakhir matangnya perencanaan. Data yang diperoleh merupakan data final. Meski nyicil, yang dicicil itu sudah final. Maka karena beberapa alasan, sebisa mungkin kami tdk terlibat dalam proses perencanaan matangnya data tersebut, apalagi ada birokrasi tambahan ke beberapa meja.
Ada solusi yang kami tawarkan, meski mungkin terpotong otomatis biaya birokrasi, sebisa mungkin kami cukup terima biaya bersih. ( Nyari jalan simpelnya sajah.. :) memang msh kecil.. blm mampu terlibat birokrasi administrasi )

-Konon, karena pada awalnya permasalah itu sederhana, dan ternyata solusinya sederhana meski terbungkus umpama, harta, cerita, ilmu dan jampi2(ruqyah) do'a-do'a. Jadi kl memperbaiki TV mati... bisa jd ternyata karena kabelpowernya ngga nyolok ke listrik.

38
<1>"Beneran nih besok dikumpul?" Percaya gak percaya besok deadline, menyadari pekerjaan masih jauh dari sempurna. Karena kematian, kita tidak tahu kapan..

<2> Paniknya mendekati pengumpulan kadang lepas kontrol memarahi pekerja. Meski kadang tersadari kemudian - lalu sedikit menjanjikan penawar 'uang dimarahin' sama karyawan.
Ya Alloh, itu yang dekat dan disadari...bagaimana yang jauh dan tidak disadari tertimpa keburukanku. Ya Robb, tawarkan dengan kebaikanMu. Limpahkan karuniaMu. Aamiin.

39
Berhati-hati kalau segalanya terlihat kecil.. Bisa kabar baik, karena keMurahan keMudahanNya, atau bisa kabar buruk karena kesombongan diri.

40.
Maka, hidup mestinya seperti bikin miniatur. Kecil, cuma dipandang-pandang, dinilai-nilai, cape dibikin, saatnya tiba diambil yang pesan, terkenang-kenang kemudian..
Yang diharap-harap mestinya yang benerannya.
Ya Alloh, anugrahkan kami akhir yang baik. Aamiin

-----------------------

41
Sambut Ramadhan 1434 - Mohon Maaf lahir batin.
Apa jadinya suatu saat dihadapkan berlama-lama dengan kondisi yang sebelumnya diprasangkakan buruk. :)
Bahkan yang mengatakan dirinya berimanpun diuji tentangnya.

42
Selamat Iedul Fitri 1435, Taqobbalallohu minna waminkum. maaf lahir batin

43. kalau harus menskala-kan 2000tahun dalam 11menit yg hrs disiapkan adalah: tombol pause! :) http://www.youtube.com/watch?v=fZdW5qa9HxI

44. bukan miniatur. Skala 3:1 ;Utang yg tak bs pernah tertebus. Selamat Hari Ibu. 22Des2013

45. Salah menskalakan bangunan lalu melebarkan siteplan -mencocokkan dengan bangunan, agaknya tidak berhasil. Kembali ke batas2 siteplan awal, lebih aman meski sedikit pergeseran posisi kavling. Hanya semoga sj, kebodohanku tidak mendzolimi yang lainnya..Aamiin.

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP